Marda Opetri, M.Pd

Menulislah, maka generasi selanjutnya bisa mengambil pelajaran. Guru Fisika di SMA Negeri 3 Solok Sumbar....

Selengkapnya
Navigasi Web
Model pembelajaran Discovery Learning pada Materi hukum Newton di Kelas X MIA

Model pembelajaran Discovery Learning pada Materi hukum Newton di Kelas X MIA

# Tantangan hari ke 125

ABSTRAK

Fisika memiliki peranan penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Mengingat begitu penting pembelajaran fisika di sekolah, sudah seharusnya kualitas pembelajaran fisika di sekolah ditingkatkan dan dijadikan pembelajaran yang menarik oleh peserta didik. Guru juga telah mencoba menggunakan model pembelajaran untuk menjelaskan konsep fisika, ternyata walaupun mampu meningkatkan konsentrasi peserta didik dalam belajar, tetapi tidak seluruh.Pembelajaran model Discovery Learning merupakan proses pembelajaran yang terjadi di sajikan tidak dalam bentuk finalnya, tetapi di harapkan mengorganisasi sendiri.

Dengan model ini peserta didik dapat memahami konsep, arti, dan hubungan, melalui proses intuitif untuk akhirnya sampai kepada suatu kesimpulan. Kelebihan penerapan model Discovery Learning membantu peserta didik untuk memperbaiki dan meningkatkan ketrampilan- ketrampilan dan proses- proses kognitif, menimbulkan rasa senang pada peserta didik , karena tumbuhnya rasa menyelidiki dan berhasil. Motivasi peserta didik dalam proses pembelajaran menunjukkan peningkatan, karena peserta didik mengalami langsung proses pembelajaran. Persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik pada materi Hukum Newton sebesar 80,55 %. Sehingga model pembelajaran Discovery Learning yang di gunakan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Kata Kunci : Discovery Learning, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Abstrak dari PTK

08 Jun
Balas

Mantap un.. Lanjuut...

08 Jun
Balas

Ayo Bu lanjut ke pendahuluan, saya mau kok mengikuti kelanjutan penelitiannya.

11 Jun
Balas



search

New Post