Marda Opetri, M.Pd

Menulislah, maka generasi selanjutnya bisa mengambil pelajaran. Guru Fisika di SMA Negeri 3 Solok Sumbar....

Selengkapnya
Navigasi Web
PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS DASADARMA PRAMUKA TERHADAP SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK

PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS DASADARMA PRAMUKA TERHADAP SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK

# Tantangan hari ke 117

ABSTRAK

Marda Opetri. 2019 :         Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis   Dasadarma Pramuka Terhadap Sikap Ilmiah Peserta Didik

 

Pembelajaran Fisika pada hakikatnya bertujuan memberikan bekal ilmu kepada peserta didik, pemahaman dan sejumlah kemampuan, serta mengembangkan ilmu dan teknologi untuk menumbuhkan sikap ilmiah dan kemampuan berfikir yang berguna untuk memecahkan permasalahan dalam kehidupan sehari- hari. Fisika pada hakikatnya memiliki komponen sikap ilmiah, proses ilmiah dan produk ilmiah, mengandung nilai- nilai ilmiah untuk memecahkan permasalahan. Pendidikan Kepramukaan adalah proses pembentukan kepribadian, kecakapan hidup, dan akhlak mulia Pramuka melalui penghayatan dan pengamalan nilai-nilai kepramukaan. Dasadarma pramuka merupakan ketentuan moral anggota pramuka.

Tujuan dari penelitian ini adalah adalah untuk mengetahui peningkatan  sikap ilmah peserta didik dengan Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Dasadarma Pramuka. Dengan diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Dasadarma Pramuka menunjukan peningkatan pada sikap ilmiah jujur, bekerja sama dan peduli lingkungan peserta didik. Dimana pada sikap ilmiah jujur mencapai rata- rata 87.13%, pada sikap ilmiah bekerja sama rata- rata mencapai 94.75% dan sikap ilmiah peduli lingkungan rata- rata 93.25%.  Dari pengamatan observer disimpulkan peserta didik sudah mampu memiliki sikap ilmiah jujur, bekerja sama dan peduli lingkungan dalam memcahkan masalah bahkan dalam kehidupan sehari- hari di dalam dan diluar kelas. 

 

 

Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Dasadarma Pramuka,Sikap ilmiah

 

Rumah, 31 Mei 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wow, kolaborasi fisika dan pramuka. Lanjutkan bu

11 Jun
Balas

keren. tulisan yang inspiratif dan bermakna

01 Jun
Balas

keren. tulisan yang inspiratif dan bermakna

01 Jun
Balas

keren. tulisan yang inspiratif dan bermakna

01 Jun
Balas

keren. tulisan yang inspiratif dan bermakna

01 Jun
Balas

keren. tulisan yang inspiratif dan bermakna

01 Jun
Balas

Dasa Dharma Pramuka. Keren Bu. Aku suka

12 Jun
Balas

Fisika dikombinasi dengan kegiatan Pramuka, sepertinya menarik. Lanjutkan Bu...

11 Jun
Balas



search

New Post